UMR Jakarta Terbaru 2018 Penetapan Gaji UMP DKI Jakarta

Pengumuman.id – UMR Jakarta Terbaru 2018 Penetapan Gaji UMP DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta

Untuk Upah Minimum Regional (UMR) Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta saat ini sudah berganti nama menjadi UMP (Upah Minimum Provinsi) atau UMK (Upah Minimum Kabupaten). UMP sendiri pada dasarnya telah ditetapkan langsung oleh gubernur, sementara UMK akan ditetapkan oleh gubernur atas rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi serta rekomendasi dari Walikota atau Kepala Daerah Bupati.

Gaji UMR Jakarta 2018 terbukti rutin menjadi sorotan dari beberapa kalangan. Sebab UMR DKI Jakarta terbukti menjadi barometer untuk daerah seluruh Indonesia. Meskipun sebetulnya UMR DKI Jakarta 2018  bukanlah menjadi UMR paling besar dibandingkan wilayah Bekasi serta Serang. Pada Tahun 2017 lalu, UMR Jakarta 2017 ditetapkan dengan angka sebesar Rp 3.355.750. Tata cara Penetapan UMR atau UMR DKI Jakarta ini sudah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 mengenai pengupahan.

UMR Jakarta sendiri tak menduduki kualitas paling atas  dibandingkan dengan UMR Karawang serta di Bekasi yang saat ini sudah mencapai Rp 3,6 juta.  Berdasarkan UMP 2018 di Indonesia, ternyata ada 4 provinsi yang telah mengalami peningkatan UMP di atas 8,71% yakni Provinsi Papua Barat sebesar 10,14%, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 11,88%, Provinsi Nusa Tenggara Timur naik sebesar 8,85% serta Provinsi Maluku yang naik sebesar 15,44%. Meskipun mengalami kenaikan yang signifikan pada UMR di 4 provinsi tersebut tetapi sudah dapat mencapai angka keperluan nasib pantas (KLH).

Baca Juga :

Kode Pos Jakarta Barat

Sekolah Ikatan Dinas 2018

UMR DKI Jakarta ini berlaku dan dikhusukan untuk semua kalangan pekerja lajang dengan masa kerja tidak lebih dari setahun. Kemudian berdomisili tempat kerjanya berada di wilayah provinsi DKI Jakarta. Upah minimum provinsi juga hanya berlaku apabila upah minimum Kabupaten ataupun Kota tak ditetapkan oleh masing – masing daerah.

Penetapan UMR Jakarta Terbaru 2018 Penetapan Gaji UMP DKI Jakarta

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia (Menaker) yaitu Hanif Dhaikiri baru saja menetapkan Upah Minimum Provinsi tahun depan dengan nilai kenaikan mencapai 8,71%. Kenaikan Upah atau Gaji ini sudah diumumkan serentak pada tanggal 1 November 2017.

Jika melihat hal ini, maka tentu anda berfikir berapa kenaikan UMP atau UMR DKI Jakarta 2018 saat ini? Gubernur baru DKI Jakarta sudah menetapkan UMP alias UMR DKI Jakarta 2018 yaitu sebesar Rp 3.648.035 dan sudah disahkan oleh pihak yang berwenang. Untuk menetapkan UMR DKI Jakarta 2018 ini sudah dihitung secara riil berdasarkan deflasi nasional yaitu sekitar 3,72%.

Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,99% serta keunikan UMP yang ditetapkan Menteri Ketenagakerjaan sebesar 8,71%. Dibandingkan tahun lalu UMP alias UMR DKI 2018 lebih tinggi sebab tahun lalu UMR DKI Jakarta hanya sekitar Rp 3.355.750 saja.

Penetapan UMR alias UMP DKI Jakarta 2018 tentunya akan melibatkan tiga unsur yang terlibat yakni pengusaha, pemerintah serta buruh. Karena untuk menetapkan UMR di Indonesia telah diatur oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 yang sudah berlaku mengenai pengupahan batas minimum di setiap daerah. Dan hal ini akan menjadi sebuah acuan untuk menetapkan berapa UMR di jakarta selanjutnya.

UMR Jakarta Terbaru 2018 Paling Atas di Seluruh Indonesia

UMP alias UMR DKI Jakarta 2018 ini akan menjadi paling atas di seluruh Indonesia yang bisa dilihat naik dengan nilai kurang lebih 9,4 persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan UMR DKI Jakarta ini ternyata jauh lebih besar dibandingkan dari yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 8,71 persen. Faktor tersebut diperbuat oleh Gubernur DKI Jakarta supaya tenaga kerja di Jakarta dapat memperoleh gaji yang pantas untuk memenuhi kebuthan mereka sehari-harinya.

Tetapi, walau paling atas di seluruh provinsi di Indonesia UMP alias UMR DKI Jakarta tahun 2018 lebih rendah dibandingkan dengan UMK Kanupaten Karawang serta Kabupaten Bekasi yang diprediksi bakal mencapai Rp 4 juta tahun depan. Saat ini saja UMK Bekasi serta Karawang sudah mencapai Rp 3,6 juta.

Demikianlah Informasi UMR Jakarta Terbaru 2018 Penetapan Gaji UMP Daerah Khusus Ibukota Jakarta di Indonesia.

UMR Jakarta Terbaru 2018 Penetapan Gaji UMP DKI Jakarta | | 4.5